Tadi Pagi, Harga Minyak Dunia Ada di Posisi Terendah?

minyak

Pewartaekbis~ Ada yang menarik pagi tadi waktu Indonesia Barat (21/8). Betapa tidak, pagi tadi harga minyak AS jatuh di bawah 40 dollar AS. Nilai tersebut merupakan yang pertama dalam enam tahun terakhir. Salah satu penyebabnya ialah pasar tertekan setelah data manufaktur Tiongkok yang lemah memperdalam kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi Tiongkok.

Berdasarkan data West Texas Intermediate (WTI), untuk pengiriman Oktober, turun 87 sen menjadi 40,45 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange. Disebutkan juga jika WTI sempat turun di bawah 40 dollar AS per barrel untuk pertama kalinya sejak Februari 2009. Disebutkan, penurunan terjadi setelah rilis penghitungan rig minyak Baker Hughes Amerika Serikat menunjukkan produsen menambahkan dua rig minggu ini.

Terdapat laporan jika estimasi sektor manufaktur Tiongkok yang lemah membingungkan para investor. Indeks Pembelian Manajer (PMI) Caixin 47,1 bulan ini, melorot dari 47,8 pada Juli dan merupakan angka terburuk sejak Maret 2009.

Sebagaimana diketahui, sinyal baru kesulitan di ekonomi terbesar kedua di dunia dan pengimpor energi utama tersebut muncul menyusul devaluasi tak terduga yang dilakukan Beijing terhadap mata uang Yuan. Hal itu tentu menambah kekhawatiran yang telah berjalan lama tentang produksi minyak tinggi dan pertumbuhan permintaan yang lemah.

Sumber: Kompas

Tags:
author

Author: