Tahukah Anda? Fakta Unik Tentang Kuda

cinderella-2015

Pewartaekbis- Jika kita perhatikan saat Kuda berderap, kaki Kuda menapak tanah. Unit-unit tendonya yang lentur ternyata mampu menyerap energy dan seperti pegas. Sehingga, melepasnya kembali, dan mendorong Kuda untuk terus berlari ke depan. Selain itu, kaki Kuda juga berderap dan bergetar sangat cepat dan bisa mengakibatkan kakinya terluka. Namun, otot-otot tendon yang dimilki Kuda berfungsi sebagai peredamnya. Otot-otot tendon yang supercanggih ini menghasilkan kekuatan dan kegesitan. Kuda dapat berlari cepat karena postur kakinya yang tepat.

Kuda atau binatang yang memiliki nama latin Equus Caballiius ini mampu berderap dengan kecepatan hingga 50 km perjam. Meskipun membutuhkan aktivitas mekanis yang cukup berat, namun Kuda hanya membutuhkan  edikit energi untuk melakukan aktivitas berat tersebut.

Oleh karena tulang kakinya yang kuat tersebut, Kuda tidak terjatuh walaupun tidur dengan posisi berdiri. Ketika hampir semua hewan melakukan tidur dengan duduk atau berbaring, maka Kuda memiliki tulang kaki yang mampu mengunci badanya selama ia tidur.  Jadi, bisa dikatakan kunci perilaku Kuda sebagian besar bertumpu pada kakinya. Kuda tidak memiliki tulang selangka sehingga memungkinkan Kuda untuk melangkah sangat lebar.

Keunikan dari Kuda selain dapat berlari degan cepat dan dapat tidur dengan berdiri, ia juga memiliki pandangan yang luas. Mata Kuda adalah mata berukuran paling besar dibandingkan dengan seluruh mamalia darat. Luas bidang yang masuk dalam jangkauan pandangan Kuda lebih dari 35 derajat.  Namun, Kuda tidak dapat melihat benda yang berada persis di depannya. Hal ini disebabkan, Kuda memiliki 2 buah titik buta yang terletak tepat di hadapannya dan di belakang kepalanya. Selain itu, Kuda juga buta terhadap warna merah.

Rate this article!
Tags:
author

Author: