Tahun 2018, Kereta Api di Indonesia Akan Berbahan Bakar LNG

kereta

Yogyakarta  – Seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhdap kereta api, PT KAI terus berupaya untuk melakukan inovasi. Perusahaan pelat merah ini bahkan diwartakan Antaranews tengah melakukan uji coba penggunaan bahan bakar gas alam cair (LNG). Uji coba yang juga melibatkan Pertamina ini kabarnya akan dimanfaatkan secara komersial pada April 2018.

“Dari hasil pengujian yang sudah dilakukan, penggunaan liquified natural gas (LNG) untuk kereta pembangkit menunjukkan hasil yang baik dan lebih efisien dibanding penggunaan solar,” sebut Executive Vice President, Eko Purwanto, di Yogyakarta (11/10).

Tingkat efisiensi penggunaan LNG, kata Eko, mencapai sekitar 80 persen dibandingkan dengan solar. Artinya, bahan bakar yang tertampung di tangki LNG dapat digunakan untuk menempuh perjalanan Yogyakarta-Surabaya pulang pergi.

“Jarak tempuh tersebut setara dengan jarak antara Jakarta-Surabaya. Tentunya, penggunaan LNG ini sangat efisien,” sambungnya.

Sementara itu, Vice President LNG Pertamina Persero Didik Sasongko mengemukakan jika ahan bakar gas juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan solar.

“Ke depan, kami berharap penggunaan LNG tidak hanya terbatas pada kereta pembangkit saja tetapi juga ke lokomotif dan ditargetkan bisa digunakan secara komersial mulai April 2018,” tambahnya.

Tags:
author

Author: