Tahun Depan, Jepang Uji Coba Taksi Tanpa Awak Pertama di Dunia

taxi

Tokyo~ Bukan Jepang jika tak menawarkan inovasi terbaru. Tahun depan, di Jepang akan mulai dioperasikan taksi tanpa awak. Taksi dimaksud merupakan terobosan dari perusahaan patungan antara pembuat video DeNA Co dan pengembang teknologi mobil tanpa awak ZMP Inc.

Kendaraan yang diberi nama Robot Taxi ini akan mulai digunakan untuk mengangkut penumpang awal 2016. Dalam uji coba tersebut, Robo Taxi akan mengangkut 50-an orang dari Fujisawa, perfektur Kanagawa yang didesain untuk berkendara jarak pendek. Uji coba ini merupakan bagian dari rencana yang lebih besar sebelum akhirya wisatawan meramaikan Olimpiade Musim Panas tahun 2020.

Seperti diwartakan Kompas, Robo Taxi akan menjadi mobil tanpa awak pertama di dunia jika Jepang benar-benar mengadakan uji coba pada awal tahun depan. Dengan demikian, mereka sukses ‘mengalahkan’ Google yang juga sedang mengembangkan impian yang sama.

Menariknya, Pemerintah Perfektur Kanagawa menyambut baik rencana perusahaan untuk menghadirkan taksi tanpa awak di wilayahnya. Pascauji coba di Kanagawa, Robot Taxi akan diuji coba kembali dalam dua sesi untuk menyempurnakan penggunaan taksi tanpa awak ini.

Tags:
author

Author: