Tahun Depan Sektor Pariwisata Indonesia ‘Diganjar’ 5 Triliun

paket wisata

Pewartaekbis~ Kabar gembira bagi Anda yang bergelut di sektor pariwisata. Pada tahun 2016 Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendapatkan anggaran sebesar Rp 5 triliun demi memajukan pariwisata dalam negeri. Hal itu disebutkan langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, ketika hadir dalam acara Dialog dan Silahturahmi Buka Bersama Menteri Pariwisata di Hotel The Grove Suites.

“Barusan saya terima surat dari Menteri Keuangan, anggaran pariwisata awalnya kita mengajukan 1,3 triliun dari awalnya 300 miliar, untuk tahun depan (2016) naik menjadi 5 triliun rupiah atas perintah presiden. Tadinya saya minta untuk (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) naik empat kali lipat dari tahun 2015,” sebut Arief Yahya.

Menpar menyebutkan jika APBN tahun 2016 tersebut merupakan amanat langsung dari Presiden Joko Widodo. Dana APBN tersebutakan digunakan kementeriannya untuk membantu meningkatkan kunjungan wisatawan melalui promosi.

“Anggaran 5 triliun kita bagi dua untuk penggunaannya, 3,9 triliun untuk meng-attract wisatawan mancanegara dan 1,1 triliun untuk wisatawan nusantara,” terang Arief kemudian seperti diwartakan Kompas.

Jika dana tersebut sudah bisa digunakan pada awal tahun mendatang, Menpar berharap kunjungan 15 juta wisatawan pada tahun 2016 dapat tercapai.

“Anggara untuk promosi untuk wisatawan mancanegara ada prioritas yaitu negara ASEAN akan mendapat 50 persen dan juga tiga negara besar di sekitar ASEAN seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea,” imbuhnya.

Tags:
author

Author: