Tahun Depan Tarif Listrik Naik Lagi, Ini Kata Dewan

listrik
JAKARTA — Tahun 2016 yang akan datang, Pemerintah berencana mengurangi subsidi listrik untuk dua golongan rumah tangga yakni 450 VA dan 900 VA. Namun, pengurangan subsidi ini akan berdampak pada naiknya tarif listrik bagi pelanggan PLN kelas bawah.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Ecky Awal Mucharam yang mengatakan rencana pemerintah menaikan tarif dasar listrik golongan 450/900 VA tersebut akan menyengsarakan rakyat kecil. Hal ini dikarenakani kenaikan dilakukan di tengan kondisi ekonomi sedang terpuruk.

“Ini menyusahkan rakyat kecil,” kata Ecky.

Dilansir dari republika.co.id, lebih lanjut Ecky mengatakan, pemerintah terlihat tak berpihak kepada wong cilik yang selama ini menjadi objek pencitraan dalam kampanyenya. Karenanya, Ecky mengatakan pemerintah tidak bisa lagi beralasan subsidi salah sasaran.

Ecky memaparkan, setelah pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM) daya beli masyarakat sudah sangat lemah. Akibatnya, sektor riil sudah sangat terasa mengalami perlambatan yang mengakibatkan produksi anjlok, dan jumlah pengangguran semakin melonjak. Karenanya, Ecky mengatakan, adanya kenaikan tarif listrik di tengah perlambatan ekonomi seperti ini akan menjadi pukulan telak yang mematikan.

“Harusnya pemerintah menjaga daya beli masyarakat dengan berbagai kebijakan fiskal yang memungkinkan baik itu subsidi maupun cash transfer,” kata Ecky.

Tags:
author

Author: