Tahun Depan, UMK Kabupaten ini Naik 8,04 Persen

rupiah

rupiah

Lamandau~ Pergantian tahun 2017 memang masih cukup lama. Namun, berita tentang upah minimpun kabupaten atau UMK sudah mulai terdengar. Di Kabupaten Lamandau misalnya, UMK diusulkan naik sebesar 8,04 persen.

Dituturkan oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Lamandau, Yuano, usulan kenaikan UMK datang  dari Dewan Pengupahan. Usulan ini didasarkan pada  survei kebutuhan hidup layak (KHL) yang memang menjadi salah satu indikator dalam penentuan UMK.

“Berdasarkan hasil rapat dewan pengupahan tersebut, didapat kesepakatan bahwa Dewan Pengupahan Daerah Kabupaten Lamandau menyepakati adanya kenaikan UMK Lamandau tahun 2017 naik sebesar 8,04 persen dari UMK tahun 2016 ini,” terang Yuano.

Seperti diwartakan Otonomi, usulan ini sudah disepakati dan didasarkan atas hitungan inflasi nasional ditambah PDRB dan UMK Lamandau 2016. Sebagai infotmasi, rapat lintas sektoral dengan leading sektor Dinsosnakertrans beberapa waktu lalu dihadiri oleh sejumlah pihak, seperti perwakilan SKPD terkait, perwakilan pihak perusahaan, serta perwakilan dari serikat pekerja SPSI Kabupaten Lamandau. Dengan demikian, Yuano memastikan hasil dari kesepakatan Dewan Pengupahan Daerah Lamandau terkait UMK dan UMSK akan mendapat persetujuan Bupati Lamandau

“Untuk posisi saat ini, kami akan segera menyampaikan usulannya kepada Bapak Gubernur Kalteng, dengan harapan dapat diperoleh keputusan yang pasti untuk besaran UMK dan UMSK Lamandau 2017 yang akan diterapkan secara resmi di tahun 2017 mendatang,” sambungnya.

Tags:
author

Author: