Tak Hanya dari China, Kantor Imigrasi Tangkap Puluhan WN India

imigrasi-background-biru1

Jakarta~ Lebih dari 30 warga negara India ditangkap oleh petugas dari Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus Jakarta Barat. Mereka diduga melakukan penyelundupan orang atau people smuggling.

Dinyatakan oleh Kepala Kantor Imigrasi Jakbar Abdul Rahman, penangkapan terhadap 35 WN India ini sebenarnya sudah bermula pada pertengahan bulan Januari ini. Tepatnya tanggal 16 Januari 2017, petugas dari Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kanim Kelas I Jakbar memeriksa delapan warga India.

“Saat diperiksa, semuanya tak bisa menunjukan dokumen seperti paspor atau yang lainnya. Kemudian kita bawa untuk diperiksa lebih lanjut,” sebutnya di sesi jumpa pers di Tamansari,  jakarta.

Berdasarkan pemeriksaan, Kanim Jakbar mengantongi nama WN India lain berinisial MAL. Ia bekerja sebagai pengurus visa kerja ke Malaysia, Singapura, Kanada, Selandia Baru, Jepang dan Eropa. Tanggal 18 Januari 2017 Imigrasi sukses membekuk MAL.

 “Kemudian dari pemeriksaan, MAL bekerja tidak sendiri melainkan bersama KS dan AN yang juga sama-sama warga India dan kini sudah kita tangkap juga,” imbuhnya seperti dikutip dari JPNN.

Setelah diperiksa, ternyata MAL, KS dan AN adalah satu komplotan yang akan mengirimkan warga India ke luar negeri sebagai pekerja ilegal. Indonesia dipilih mereka sebagai tempat untuk  transit.

“Total dari hasil pengembangan, sampai sekarang ada 35 warga India kita tangkap termasuk ketiga pelaku utama itu,” beber Abdul.

Tags:
author

Author: