Tak Hanya Hormon, Ibu Hamil Juga Mengalami Perubahan Struktur Otak

bumil

Jakarta – Selama 9 bulan menjalani kehamilan, tubuh perempuan aka mengalami perubahan ekstrim dalam hormon. Dimana termasuk didalamnya juga perubahan drastis pada fisik dan psikologis. Peningkatan hormon estrogen selama kehamilan merupakan yang paling tinggi dalam hidup wanita.

Saat hamil perempuan tidak hanya menglami perubahan fisik dan emosi saja. Namun, pola pikir calon ibu juga akan mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan saat hamil struktur organ otak perempuan juga ternyata mengalami perubahan.

Dilansir dari Kompas.com, melalui penilitian dengan cara pemindaian otak yang dilakukan terhadap kurang lebih 25 perempuan di kehamilan pertama peneliti menemukan, bahwa bagian tertentu di otak, yaitu area abu-abu, mengalami perubahan selama kehamilan.

Perubahan volume pada area abu-abu ini terjadi terutama pada ibu yang tengah hamil anak pertama. Dimana otak bagian ini terkait dengan interaksi sosial, termasuk sifat empati dan memahami perasaan orang lain. Perubahan yang terjadi di otak ini akan bertahan hingga dua tahun pasca melahirkan.

Menurut para ahli, hal ini terjadi untuk membantu terbentuknya ikatan antara ibu dengan bayinya sebagai persiapan memasuki kehidupan menjadi ibu. Oleh karena itu, terjadinya perubahan di area otak ini akan bermanfaat bagi calon ibu. Sebab, semakin berkembangnya otak di area ini akan membantu ibu lebih memahami kebutuhan buah hatinya, sehingga akan terjalin ikatan yang kuat antara ibu dan si bayi.

Meski demikian, banyak ibu hamil yang menjadi gampang lupa dan juga emosional. Terkait hal ini, belum diketahui ada pengaruhnya tidak antara perubahan struktur otak dan daya ingat.

Tags:
author

Author: