Tak Lagi bersaing, Berniaga dan OLX Bergabung

olx berniaga

Pewartaekbis — Apa jadinya jika dua gajah bertarung? Pelanduk di tengah yang menjadi korban. Itu bunyi peribahasa lama. Namun, apa yang terjadi jika dua gajah bekerja sama? Itulah permnisalan yang terjadipada rencana penggabungan  Berniaga.com, salah satu situs jual beli online besar di Indonesia dikabarkan akan bergabung dengan OLX Indonesia.

Perusahaan ini memutuskan untuk membangun usaha patungan (joint ventures) dengan perusahaan yang sebelumnya bernama Tokobagus.com untuk pengembangan platform klasifikasi online.

Naspers, Induk perusahaan atau pemilik OLX membenarkan aksi korporasinya dengan Schibsted, Telenor dan juga Singapore Press Holdings yang tergabung dalam 701 Search (Pemilik Berniaga) dengan sistem bagi saham. Dimana Naspers memiliki 64 persen saham, sementara 701 Search mendapatkan saham 36 persen.

Aksi kooperasi ini difokuskan untuk Brazil, Indonesia, Thailand dan Bangladesh. Dengan demikian perusahaan memiliki kekuatan atau dominasi dalam persaingan bisnis C2C (consumer to consumer) di Tanah Air. Sehingga terciptalah satu-satunya situs online classified di Indonesia, dimana hal ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi konsumen.

Pemegang saham Berniaga (Schibsted, Telenor dan SPH) akan menjadi investor dan duduk dalam kursi manajemen joint venture yang baru, ujar Alif Priyono, Chief Operating Officer (COO) of OLX Indonesia, dikutip dari Okezone.com. Alif mengatakan bahwa kerja sama ini akan sangat menguntungkan konsumen.

Konsumen bisa menemukan penjual dan pembeli dari Berniaga.com dan OLX dalam satu wadah. Baik penjual maupun pembeli, semuanya berada dalam satu wadah saja, yaitu OLX, tuturnya.

Kooperasi Berniaga.com dan OLX ini akan menggunakan nama / merk OLX Indonesia serta teknologi OLX, sementara situs, aplikasi, dan pengguna Berniaga akan dipindahkan ke platform OLX setelah semua proses persetujuan selesai dilakukan. Saat ini keduanya tengah menunggu persetujuan dari Komisi Eropa (European Commission). Diperkiorakan semuanya bakal rampung pada awal 2015.

Tags: