Taman Nasional Sembilang, Objek Wisata di Banyuasin

Taman Nasional Sembilang

Banyuasin~ Ada di Kabupaten Banyuasin? Jangan lupa untuk singgah ke Taman Nasional Sembilang. Taman ini bukan sembarang taman. Pasalnya,  Taman Nasional Sembilang merupakan hutan lindung yang meliputi hutan produksi, hutan satwa, dan hutan wisata.

Taman Nasional Sembilang adalah satu dari ekosistem lahan basah yang cukup penting di Indonesia. Konon, kawasan ini juga telah diakui sebagai Situs Ramsar ke 1945 (ditetapkan 6 Maret 2011) atau ke lima di Indonesia.

Selain itu, Taman Nasional Sembilang menjadi habitat bagi ribuan burung air yang bermigrasi. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika objek wisata unik ini telah ditetapkan sebagai Flyway Site Network ke-2 di Indonesia.

Penasaran dengan  ribuan burung air yang bermigrasi? Waktu terbaik untuk mengamati ribuan burung migran dari Siberia yang melintasi kawasan ini yaitu bulan Oktober–Februari. Pada nulan- bulan tersebut suara ribuan burung yang terbang melintasi daerah ini bahkan terdengar begitu jelas di atas gemuruh ombak Selat Bangka.

Keunikan lain dari Taman Nasional Sembilang, kawasan taman nasional ini dikelilingi sungai dan pulau-pulau kecil yang memiliki beragam kekayaan alam. Kekayaan alam kawasan taman nasional ini dapat dilihat dari keberagaman flora dan fauna yang hidup dan berkembang di Taman Nasional Sembilang.

Beberapa fauna yang dapat dijumpai di kawasan ini yaitu harimau Sumatra, gajah Sumatra, tapir, siamang, kucing emas, rusa sambar, buaya muara, aneka jenis ikan, penyu air tawar, lumba-lumba air tawar, dan beragam jenis burung. Sementara itu, jenis flora yang bisa dijumpai di kawasan ini diantaranya gajah paku, nipah, cemara laut, pandan, nibung, jelutung, menggeris, dan gelam tikus.

Jadi, jangan ragu lagi untuk mengunjungi Taman Nasional Sembilang bersama keluarga dan handai taulan. Rasa penat akibat aktivitas menumpuk pun akan sirna di tempat ini.

Tags:
author

Author: