Tambah 31 Armada Tahun Ini, Lion Peroleh Dana Dari Eximbank Amerika Serikat

lion

DENPASAR – Di tahun ini Lion Group tahun ini berencana menambahkan armadanya. Rencananya ada 31 armada yang akan ditambahkan ditahun ini.

Dilansir dari Kompas.com, Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan, sebanyak 31 armada akan ditambahkan ditahun ini. Armada tersebut terbagi 3 pesawat untuk Lion Air, 14 pesawat untuk Batik Air, dan 14 pesawat untuk Wings Air.

“Jumlah tersebut belum termasuk rencana penambahan pesawat untuk Malindo Air dan Thai Lion Air”, ungkap Edward.

Meski Edward tidak membeberkan berapa tambahan pesawat untuk masing-masing Malindo Air dan Thai Lion Air, Ia menjelaskan tiga unit untuk Lion Air, semua Boeing karena Lion Air tidak mengoperasikan Airbus.

Sementara Untuk 14 unit Wings Air pesawatnya ATR. Sedangkan 14 unit untuk Batik Air, ada Airbus 8 unit dan Boeing 6 unit.

Terkait pendanaan untuk penambahan ke 31 armada ini, Edward mengemukakan, pendanaan pengadaan pesawat Lion Group diperoleh dari Eximbank Amerika Serikat.

“Meski begitu, kami juga diberi keleluasaan untuk mencari pendanaan yang secara komersial lebih murah”, kata Edward.

Sementara kebutuhan dana untuk mendatangkan 31 pesawat tersebut mencapai 1,47 miliar dollar AS, atau setara Rp 19,85 trilun (kurs 13.500). Dimana harga satu unit pesawat ATR sekitar 20 juta dollar AS atau setara Rp 270 miliar.
“untuk pesawat Boeing dan Airbus mencapai 70 juta dollar AS atau setara Rp 945 miliar per unitnya”, papar Edward.

Tags:
author

Author: