Tatang Koswara Wafat, TNI AD Berduka

sniper

Pewartaekbis~ Nama Tatang Koswara semakin dikenal publik. Pensiunan TNI AD ini merupakan salah satu sniper terbaik dunia. Tercatat, ia berhasil menaklukan 41 targetnya dengan sempurna ketika bertugas di Timor Timur pada 1977-1978. Catatan tersebut antara lai tertuang dalam buku Sniper Training, Techniques and Weapons karya Peter Brookesmith terbitan 2000. Dalam buku tersebut, ia berada dalam daftar 14 besar Sniper’s Roll of Honour di dunia.

Tatang Koswara kini tinggal kenangan. Ia wafat pada pukul 20.00 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan. Berdasarkan sumber terpercaya, Tatang sudah mengalami masalah di pernafasan ketika menjalani variety show Hitam Putih Trans7. Sang penembak jitu ini pun dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung.

Dilansir dari Tempo, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal Wuryanto menyatakan jika jenazah Tatang Koswara akan dimakamkan di Cibaduyut, Jawa Barat hari ini (4/3). Wuryanto juga menyatakan jika Angkatan Darat akan mengirim perwakilan dari Kodam III Siliwangi untuk mengikuti prosesi pemakaman Tatang.

“Angkatan Darat sangat kehilangan atas meninggalnya beliau,” demikian tutur Wuryanto.

Karir Tatang Koswara di dunia militer berakhir dengan pangkat pembantu letnan satu. Ia menjadi bagian daru TNI AD melalui jalur tamtama di Banten pada 1966. Meski punya ijazah Sekolah Teknik (setara SMP), Tatang melamar sebagai prajurit tamtama menggunakan ijazah SR (Sekolah Rakyat) atau Sekolah Dasar. Beberapa tahun kemudian, ia baru mengikuti penyesuaian pangkat sesuai ijazah yang dimiliknya. Sosok yang sangat diicintai keluarganya ini telah mengikuti pelatihan untuk kualifikasi raider hingga sniper di Pusat Kesenjataan Infanteri (Pusenif).

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: