Telaga Ngebel, Wisata Alam yang Sarat Akan Mitos

telaga ngebe;

Ponorogo~ Selain Telaga Sarangan, Provinsi Jawa Timur memiliki telaga lain yang tak kalah indah. Telaga dimaksud ialah Telaga Ngebel. Objek wisata ini ada di Kabupaten Ponorogo, tepatnya di Kecamatan Ngebel. Oleh karena letaknya yang ada di kaki Gunung Wilis, wajar jika Telaga Ngebel memiluiki udara yang sejuk. Berdasarkan catatan, suhunya sekira 20 – 26 derajat celcius.

Telaga Ngebel memiliki keliling sekira 5 km. Pemandangan antara air berlimpah dan hijaunya pepohonan merupakan daya tarik utama dari objek wisata ini. Air telaga ini diperoleh dari berbagai sumber, yang utama ialah dari Kanal Santen.

Selain itu, fasilitas akomodasi di kawasan Telaga Ngebel terbilang lengkap. Di kawasan ini terdapat beberapa penginapan dan rumah makan dengan harga terjangkau. Ada juga beberapa tempat ibadah umat islam yang bisa Anda gunakan untuk solat.

Daya tarik lain, Telaga Ngebel kerap dihubungkan dengan mitos ular naga bertajuk “Baru Klinting”. Sebagai diketahui, dalam beberapa literatur disebutkan jika ular dimaksud merupakan jelmaan dari Patih Kerajaan Bantaran Angin.

Cerita bermula saat sang patih sedang bermeditasi dengan rupa seekor ular naga. Namun, seorang warga secara tidak sengaja membawa ular jelmaan tersebut ke tengah desa untuk dijadikan makanan. Namun, ular tersebut berubah menjadi anak kecil sebelum di potong-potong.

Anak kecil ini kemudian menancapkan sebatang lidi (atau centong nasi) di tanah dan meminta masyarakat untuk mencabutnya. Namun, tak seorangpun mampu mencabutnya. Dengan enteng, si bocah jadi-jadian ini pun mencabut lidi. Nah, dari lubang bekas lidi itulah memancar air hingga membentuk sebuah telaga.

Tags:
author

Author: