Terkait Ekspor dari Indonesia, Ini Harapan Jokowi Kepada Inggris

anak anak jokowi

Jakarta~ Kemarin (27/7) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Istana Negara, Jakarta. Pada pertemuan tersebut, Jokowi berharap pemerintah Inggris dapat menurunkan tarif bea masuk untuk beberapa produk Indonesia. Produk dimaksud antara lain kayu, tekstil, kopi dan produk perikanan.

“Saya berharap Inggris dapat memberlakukan tarif masuk yang lebih rendah bagi produk Indonesia seperti kayu, pakaian, kopi dan produk perikanan,” sebut Jokowi kepada wartawan setelah pertemuan di Istana Negara (27/7)

Ditambahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel, harapan tersebut seirama dengan rencana pemerintah Indonesia memulai kembali membahas kerjasama ekonomi komprehensif atau comprehensive economic partnership agreement (CEPA) antara Indonesia dengan Uni Eropa. Dari kerjasama tersebut, diharapkan  Indonesia bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik dari tarif bea masuk.

“Kita sendiri dengan Uni Eropa sekarang sedang memulai membangun komunikasi membahas kerjasama itu (CEPA) tadi, sehingga kita dapat mendapatkan fasilitas yang sama seperti Vietnam dan Malaysia,” imbuh Gobel seperti diwartakan detik.com.

Data dari Kementerian Perdagangan (Kemendag), total perdagangan Indonesia dengan Inggris pada 2014 mencapai US$ 2,5 miliar. Dari jumlah tersebut, porsi ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar US$ 1,6 miliar dan impor US$ 894 juta.

Tags:
author

Author: