Terkait Klaim Israel, Menteri Retno Akan Dipanggil DPR

cpns mpr ri

Jakarta~ Setelah beredar kabar resmi mengenai keberhasilan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melantik konsul istimewa untuk Palestina, beredar kabar mengenai adanya perjanjian rahasia antara sang menterid engan Israel.

Kabar ini cepat direspon oleh komisi I DPR RI. Mereka berniat memanggil Menteri Retno untuk dimintai keterangan.

“Harus diklarfiifkasi, semua komisi 1 akan ditanyakan. Setelah reses secepatnya,” sebut Anggota Komisi I DPR, Nurhayati Ali Assegaf di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta (18/3).

Apabila pertemuan itu benar terjadi, Nurhayati sangat menyayangkan. Parlemen saja selama ini tidak pernah melakukan kunjungan kerjasama dengan Israel.

“Jadi kan masyarakat dan pejabat negara harus tahu, kita negara hukum, dasar kita UUD 1945. Masalah Indonesia tak punya hubungan dengan Israel tertulis jelas di UUD,” ungkap sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR ini.

Ia menegaskan jika sejak era Bung Karno, posisi Indonesia terhadap Israel sudah sangat jelas.

“Atas dasar itu sejak Bung Karno, Pak Hatta sampai saat ini kita taat. Israel itu semua tahu apa yang dilakukan terhadap Palestina. Jadi Israel itu penjajah. Indonesia kan sudah merasakan menjadi negara terjajah,” tuturnya seperti diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: