Ternyata! Ini Alasan Wakil Ketua MPR Fadli Zon Ikut Demo 4 November

cpns mpr ri

JAKARTA – Salah satu pejabat yang ikut dalam aksi 4 November ialah Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Apa sebenarnya alasannya ikut bergabung dengan ratusan ribu umat Islam dalam menuntut hukuman bagi calon gubernur DKI Jakarta, Ahok.

Menurutnya, ia mengikuti aksi sebagai bentuk tanggung jawab konstitusionalnya sebagai wakil rakyat.Berdasar pada Pasal 69 UU MD3, fungsi anggota DPR adalah pengawasan.

“Partisipasi dalam aksi damai 4 November adalah juga aspirasi konstituen di dapil kabupaten Bogor. Banyak peserta aksi dari Kabupaten Bogor termasuk simpatisan Partai Gerindra,” sebutnya (6/11).

Dinyatakan oleh Fadli Zon, di dalam UU MD3 pasal 72 dan Tata Tertib DPR RI pasal 7 salah satu tugas DPR ialah menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

“Aksi yang diikuti satu juta orang itu menuntut penegakan hukum dan penegakan konstitusi. Saya juga meneruskan aspirasi mereka untuk menemui Presiden,” lanjutnya.

Seperti diwartakan tribunnews.com, ia juga juga menyatakan jika kehadirannya dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan sejumlah anggota DPR dalam aksi damai 4 November dalam rangka memenuhi aspirasi dan undangan dari para kyai, ulama, dan habib.

“Ini bentuk tanggung jawab politis terhadap konstituen. Saya juga hadir dalam aksi damai 4 November menjalankan fungsi pengawasan itu,” sambung Fadli Zon.

Tags:
author

Author: