Ternyata ini Penyebab Kentang Goreng Berubah Rasa Saar Dingin

kentang

Jakarta~ Seorang profesor kimia di American University di Washington, D.C., Matt Hartings, menemukan penyebab kentang kehilangan kelezatannya saat sudah dingin. Menurutnya, hal itu disebabkan oleh tekstur kentang.

“Salah satu alasan utama kentang goreng kehilangan daya tariknya ketika mereka sudah dingin adalah adanya perubahan pada tekstur kentang. Perubahan tekstur tersebut, disebabkan oleh bahan kimia di dalam kentang yang dipenuhi dengan pati. Pati terasa enak hanya ketika terhidrasi dengan cukup,” sebutnya.

Saat pati di dalam kentang yang berbentuk seperti bola-bola kristal kecil terkena suhu yang sangat tinggi seperti saat di penggorengan, air akan masuk ke dalamnya. Proses ini menyebabkan kentang seperti balon.

“Alih-alih bola-bola kristal tersebut berubah menjadi kecil dan keras, namun Anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih poofy. Tekstur seperti ini umumnya sangat disukai orang-orang,” lanjutnya (7/10).

 “Namun ketika kentang goreng menjadi dingin, air di dalam kristal di dalamnya mulai keluar, sehingga Anda akhirnya kehilangan teksturnya yang lembut.” sambung Matt Hartings.

Ia juga menerangkan jika suhu juga ikut berkontribusi dalam memicu terjadinya perubahan pada rasa kentang  yang kita makan.

“Intinya, suhu panas bisa membantu meningkatkan cita rasa pada makanan,” jelasnya lagi.

 “Kentang goreng memiliki aroma yang lezat, namun ketika mereka dingin, maka sebagian besar aromanya menghilang. Tanpa aroma tersebut, rasa lezatnya pun juga menghilang,” pungkasnya mengutip dari liputan6.com.

Tags:
author

Author: