Ternyata! Jal Tol Tidak Dibangun untuk Arus Mudik

ilustrasi

ilustrasi

Jakarta~ Ruas-ruas tol selalu menjadi perhatian khusus saat terjadi arus mudik dan balik lebaran di Indonesia. Jalan yang biasanya lengang tersebut akan menjadi penuh sesak oleh pengguna jalan yang akan pulang atau kembali ke tempat asalnya.

Namun, tahukah Anda jika sebenarnya jalan tol tidak didesain untuk keperluan lebaran? Hal iti dikemukakan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di Kementerian PUPR, Jakarta (11/7)

“Ketika Lebaran tinggal manajemennya saja yang kita perkuat. Tapi, kalau infrastrukturnya dibuat dengan desain Lebaran, kita nggak akan bisa bangun jalan tol sampai Banyuwangi misalnya,” sebutnya.

Herry menerangkan  jika memaksakan jalan tol dibangun untuk memenuhi kapasitas pengendara yang mudik Lebaran, maka uang pembangunannya akan cepat habis. Namun, ia mengaku jika selalu ada yang spesial untuk mempersiapkan arus mudik dan balik.

“Namun, ketika terjadi jalanan penuh seperti ketika mudik kemarin itu berarti harus dicarikan caranya,” tambah Herry.

Dicontohkan Herrym pihaknya sudah  meminta Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) untuk menyediakan bahan bakar minyak (BBM) dalam bentuk kemasan. BBM ini kemudian disebarkan ke SPBU di TI yang kekurangan pasokan.

“Akhirnya bisa dapat satu mobil (isi bahan bakar kemasan) dikumpulkan dari TI,” beber Herry.

Tags:
author

Author: