Ternyata Urusan Reklamasi teluk Jakarta Belum Rampung

teluk jakarta

Jakarta – Di tengah ingar bingar politik ibu kota yang kian memanas, kasus reklamasi Teluk Jakartamasih menjadi sorotan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Ia mengakui jika pada 26 Desember 2016 pihaknya memberi kesempatan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) terhadap mega proyek ini. Akan tetapi, hasil KLHS proyek reklamasi Teluk Jakarta hingga saat ini belum diterimanya.

“Kalau bisa cepat, ngapain lama-lama. DKI juga kan punya kerjaan banyak, aroma positifnya harus ada untuk decision,” sebut Siti di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta (13/1).

Sebagaimana diwartakan merdeka.com, KLHS adalah  syarat utama bagi para pengembang untuk membuat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (amdal) yang baru. Menurut Menteri Siti, amdal ini lebih kompleks karena harus terintegrasi dengan Proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau proyek tanggul raksasa yang digagas oleh pemerintah pusat.

“Untuk integrasi sosialnya dia harus lihat dalam amdal barunya bagaimana dia akomodir kebutuhan nelayannya. Kalau nelayan berputar terlalu jauh untuk mencari ikan maka harus ada dermaga kecil buat nempel di daerah situ. Nanti dilihat lagi, kalau terlalu jauh pemukimannya misalnya, kemungkinannya dia juga harus lihat bagaimana pemukiman itu terintegrasi dengan kompleks itu,” ungkapnya.

Tags:
author

Author: