Ternyata,”Pedas” itu Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

cabai

Jakarta Makanan pedas selain menambah nafsu makan ternyata juga memiliki beberapa manfaat dari sisi kesehatan. Karena inilah, bagi sebagian orang makanan pedas memiliki kenikmatan yang luar biasa.

Dilansir dari Detik.com, Studi oleh Chinese Academy of Medical Sciences menemukan, hampir setengah juta penduduk di Tiongkok selama bertahun-tahun yang mengonsumsi makanan pedas sekali atau dua kali dalam seminggu memiliki tingkat kematian (mortalitas) 10 persen lebih rendah dari mereka yang tidak mengonsumsi makanan pedas sekali dalam seminggu.

Bahkan, tingkat mortalitas yang lebih sedikit ini juga ditemukan pada orang yang suka mengonsumsi makanan pedas enam sampai tujuh kali dalam seminggu.

Hal ini dikarenakan,kandungan capsaicin di dalam cabai diyakini bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Saat metabolisme tubuh terjaga, maka kesehatan tubuh sepert berat badan pun lebih terjaga.

Dalam penelitian lain ditemukan, bahwa makan makanan pedas mampu menurunkan tekanan darah dan membuat tubuh rileks. Oleh karen itu, konsumsi makanan pedas diyakini dapat meningkatkan produksi serotonin. Hormon serotonin ini sendiri dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang. Oleh sebab itu, konsumsi makanan pedas cukup dianjurkan bagi mereka yang mengalami depresi, karena makan makanan pedas juga bisa memengaruhi mood atau suasana hati seseorang.

Terkait dengan kesehatan lambung, Dr Ari Fahrial Syam, konsultan lambung dan pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo mengatakan, bagi metabolisme tubuh secara keseluruhan, cabai membuat proses pembakaran kalori berlangsung lebih efisien.

Hal ini dikarenakan, capsaicin pada cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang akan membakar lemak dengan lebih cepat dan mencegah penimbunan lemak penyebab kegemukan

Tags:
author

Author: