Tiga Masjid Super Indah di Aceh

masjid aceh

Aceh~ Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar nama Aceh? Sebagian dari Anda tentu akan teringat dengan suatu wilayah agamis yang memiliki segudang tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Nah, ini dia beberapa tempat dimaksud.

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Masjid ini telah menjadi ikon Aceh. Bangunan utamanya berwarna putih dengan kubah hitam besar uamh dikelilingi oleh tujuh menara. Kemegahan dan keelokan Masjid Raya Baiturrahman semakin terasa dengan adanya kolam besar dan pancuran air di bagian depan masjid. Oleh karena itu, wajar jika masjid ini disebut-sebut sebagai satu dari masjid terindah di dunia.

Di belakang Masjid Raya Baiturrahman ada Pasar Aceh. Pasar ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan oleh-oleh khas kota serambi mekah ini. Anda yang ingin membeli aneka kuliner juga dapat membeli aneka makanan di Pasar Aceh.

Masjid Baitul Musyahadah
Masjid Baitul Musyahadah keindahan arsitektur yang tak terbantahkan. Bangunan kebanggaan masyarakat Aceh ini memiliki kubah yang khas berupa replika topi khas Aceh yang disebut Kupiah Meukutop. Sehingga wajar jika masjid ini juga dikenal dengan ‘Mesjid Meukeutop’. Selain itu, terdapat ornamen pintu aceh yang tersebar di pintu besi sekeliling mesjid dan di dinding depan mesjid.

Menurut keterangan salah satu sumber terpercaya, mesjid ini dibangun secara swadaya pada tahun 1989 M. Namun, masjid yang dirancang Prof. Ali Hasjmy ini namanya bukan Masjid Baitul Musyahadah. Awalnya masjid ini bernama masjid Al Ikhlas. Nama masjid ini diubah menjadi Mesjid Baitul Musyahadah dan diresmikan langsung oleh Gubernur Acehdidampingi KH. Zainuddin MZ pada tahun 1993.

Masjid Baiturrahim
Berdasarkan catatan sejarah, Masjid Baiturrahim merupakan masjid peninggalan sultan Aceh abad ke-17. Nah, Masjid Baiturrahim merupakan satu-satunya bangunan yang tersisa dan tegak berdiri di kawasan Ulee Lheue ketika bencana tsunami menghantam Aceh pada penghujung tahun 2004. Dengan kata lain, mengunjungi mesjid ini juga sekaligus mengunjungi situs ziarah tsunami di kota serambi mekah.

Rate this article!
Tags:
author

Author: