Tiga Prajurit TNI Keluar untuk berpolitik, ini Kata Jenderal Gatot

kostrad tni

Jakarta~ Ternyata, Mayor TNI Inf Agus Harimurti Yudhoyono bukan satu-satunya prajurit TNI yang memilih berpolitik dan ‘meninggalkan’ kesatuannya. Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo sebelumnya sempat menjadi mayor di TNI AD. Ada juga Kolonel CKM Dr H Ismi Purnawan yang sempat mendaftar sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bangka Belitung ke Sekretariat DPD PDI Perjuangan.

Apa kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terkait fakta ini?

“Personel TNI ada 400.000 orang. Ini kan hanya tiga, jadi hanya sekian persen. Mungkin ini hanya pilihan saja,” sebutnya malam tadi dalam sebuah acara yang disiarkan oleh Kompas TV  (4/10).

Meski demikian, Jenderal Gatot menganggap fakta ini sebaga sesuatu yang menggelitik.

“Tapi ini juga tergelitik, kenapa ambil dari TNI, kok bukan dari kader partai politik,” sambungnya.

Namun, Gatot menyebut tiga nama yang disebut di awal sebagai suatu pengecualian. Menurutnya, Yoyok merasa sebentar lagi akan pensiun hingga kemudian beralih ke jalur politik. Sementara itu, Ismi masih memiliki keahlian lain meski gagal mendaftar ke KPUD Bangka Belitung. Adapun Agus, ia bisa masuk menjadi Pengurus artai Demokrat jika gagal dalam Pilgub DKI Jakarta.

Gatot juga sebenarnya menyayangkan pilihan Agus untuk mundur dari TNI karena ia merupakan salah satu prajurit terbaik.

“Agus Harimurti dari akademi militer. Dari dia lulus sampai sekarang belum ada yang mengalahkan prestasinya,” lanjutnya seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: