Tingkatkan Fungsi, Kapal Ro-Ro Akan Dapat Intensif

ilustrasi

ilustrasi

Merak – Kabar menarik dari sektor perhubungan. Kapal Ro-R0 akan ditingkatkan fungsinya, dari saat ini hanya melayani lintasan jarak dekat menjadi lebih terintegerasi ke sejumlah titik kota.

Untuk itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan memberikan insentif bagi kapal yang melayani rute Jakarta-Surabaya ini.

“Fungsi kapal Ro-Ro akan kami tingkatkan, kapal Ro-Ro akan lebih terintegerasi ke sejumlah titik kota, kalau sekarang praktis hanya di selat-selat. Ini dilalukan karena ada suatu masalah banyak truk-truk memadati jalan-jalan yang mengakibatkan jalan rusak, macet, kecelakaan, dan sebagainya,” sebut Budi.

Pemerintah juga diwartakan JPNN akan memberikan insentif bagi angkutan jalan raya yang beralih ke angkutan laut. Untuk mengurangi jumlah truk yang menggunakan jalan raya, pemerintah juga akan melakukan deregulasi aturan dengan pembatasan truk yang akan melewati jalan raya.

Dijelaskan Budi, Kapal Ro-Ro dicanangkan akan menjadi masa depan logistik antar pulau dari Sumatera hingga Nusatenggara.

“Kemarin dari PT ASDP buat exercise itu antara Surabaya ke Lembar kalau itu sampai 2-3 hari kalau truk lewat darat bisa tiga kali sebulan dengan kapal Ro-Ro bisa 8 kali sebulan,” sebut Budi.

Rencana perpindahan ini disebut Budi akan memberikan kemudahan bagi para pengusaha truk. Selain itu, ia juga mengungkapkan jika Kemenhub berharap di awal 2017 ASDP sudah melayari rute Jakarta – Surabaya.

Tags:
author

Author: