Tips Atasi Kenaikan Harga BBM di Indonesia

BBM naik

Pewartaekbis –Harga BBM resmi naik pada Senin (17/11/2014). Meski hanya naik Rp 2.000 namun dipastikan kenaikan tersebut akan dibarengi oleh melonjaknya harga-harga barang pokok lainnya.

Pilihan rakyat atas kenaikan harga BBM ini hanya dua, yaitu naikkan pendapatan atau hemat pengeluaran. Bagi Anda yang memilih untuk menghemat pengeluaran, Learnist melansir beberapa tips belanja untuk mengatasi dampak dari kenaikan harga BBM, berikut ini.

1. Buat catatan belanja (Shoping list). Langkah ini  merupakan langkah pertama  untuk menghindari pengeluaran di luar kebutuhan pokok. Anda harus bisa lebih bijak memilih bahan mana yang akan Anda beli dan yang tidak. Pasalnya, jika tidak bijak memilah, anggaran belanja bisa bengkak. Buatlah daftar belanja bulanan Anda sebelum berangkat ke supermarket.

2. Pilih barang lokal. Brand lokal juga terbukti mampu bersaing dan tidak jaminan semua barang impor bagus. Keuntungan brand lokal adalah lebih terjangkau, hasil penjualan dari bahan pangan lokal yang Anda beli tentunya dapat menyejahterakan para pengusaha dalam negeri.

3. Memnasak Sendiri. Memasak sendiri merupakan langkah berhemat yang signifikan dan juga lebih aman karena Anda sendiri yang memilih bahan-bahannya. untuk itu tentukan menu masakan yang ingin Anda olah sebelum berbelanja. Selain bisa membuat acara belanja lebih efisien, Anda juga tidak akan menumpuk bahan makanan yang bisa jadi terbuang percuma.

4. Gunakan kupon Supermarket, restoran hingga toko baju sering membagikan kupon diskon. Biasanya kupon tersebut kerap kita abaikan di saat kita “banyak uang”, untuk itu sebaiknya Anda mulai mengumpulkan kupon-kupon belanja dan juga kartu member Anda sehingga Anda bisa mendapatkan potongan belanja yang lumayan miring.

5. Beli dalam jumlah banyak Siapa bilang belanja di supermarket lebih mahal? Harga barang di supermarket bisa bersaing dengan pasar lokal. Bahkan karena terhubung langsung dengan produsen, supermarket sering menawarkan promo beli dua gratis satu. manfaatkan promo tersebut. Selain itu, belilah barang dalam jumlah yang lebih banyak. Meski terlihat boros namun bila dihitung kembali Anda akan lebih untung dibandingkan membeli secara ecer

Tags: