Tips Belanja Hemat Ala Femina

muntaber

Pewartaekbis- Ambi ini, ambil itu, saat belanja di awal bulan. Eh… tidak terasa kita menghabiskan dana melebihi anggaran bulanan. Ikuti beberapa tips dari Femina berikut ini , agar tidak boros saat belanja bulanan:

1. Buat daftar menu makanan mingguan, agar kita tidak membeli bahan makanan yang akhirnya mubazir.

2. Jangan pergi berbelanja ketika lapar. Kita akan tergoda membeli, karena semua makanan di rak jadi terasa menggiurkan.

3. Tempel catatan di kulkas, barang apa yang sudah habis, supaya saat berbelanja kita tidak melihat-lihat barang lain.

4. Beli produk promosi (turun harga atau buy 1 get 2), supaya bulan depan tidak perlu membeli produk itu lagi.

5. Perhatikan harga barang di mesin register. Katanya, harga didiskon, ternyata tidak. Atau, kasir tanpa sengaja memasukkan harga 2 kali.

6. Bandingkan harga dengan tempat lain, agar kita bisa mendapatkan harga terendah.

7. Berbelanja bukan di waktu favorit. Tanggal muda, misalnya, kita merasa punya uang, lalu memborong semua barang. Atau, saat weekend kita jadi tidak fokus karena supermarket penuh. Waktu belanja terbaik adalah malam hari atau jam makan siang. Pada jam itu biasanya supermarket sepi.

8. Beli satu paket lebih murah. Beli satu ekor daging ayam misalnya, lebih murah dibanding beli satu paket dada atau sayap ayam saja.

9. Budgeting. Bawa uang secukupnya, sesuai bujet belanja rutin kita.

10. Belanja di pasar tradisional. Butuh bayam satu ikat? Beli saja di pasar atau tukang sayur. Supermarket biasanya menyediakan ikatan besar.

11. Simpan bon belanja, agar kita bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu, dan tahu saat harga sedang murah.

12. Catat belanjaan Anda sebulan, supaya kita tahu barang apa yang bikin dompet kita ‘meledak’. Kudapan? Atau produk pembersih?

Rate this article!
Tags:
author

Author: