Tips Memilih Buah dan Sayur yang Segar

gigi

 

Pewartaekbis- Hidup sehat adalah dambaan semua orang. Salah satu cara supaya hidup sehat adalah dengan memilih makanan yang sehat, bebas pestisida, pengawet dan zat aditif lainnya. Bahan makanan sehat yang penting bagi tubuh dan merupakan salah satu dari 4 sehat 5 sempurna adalah Sayur Mayur dan Buah-buahan.

Untuk mendapatkan kualitas sayuran yang baik tentunya kita harus mendapatkan sayuran yang segar saat membelinya di pasar swalayan atau pasar tradisional. Nah berikut tips memilih sayur mayur yang segar:

1. Hal yang terpenting saat memilih sayur adalah warnanya yang cerah, tampak kesat, beraroma segar dan memiliki bentuk yang bagus.
2. Untuk sayur yang berbentuk daun, pilihlah yang tulang daun nya tampak jelas dan batang daun mudah dipatahkan. Untuk sayuran umbi, anda dapat mencari kulit umbi yang tidak memar, tidak berlubang, fisiknya keras, dan tidak berair. Untuk kategori bawang, yang segar adalah yang kondisinya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah serta tidak keriput.
3. Hindari mengambila sayur sudah berwarna kusam dan daunnya layu serta warnanya telah menguning. Apalagi jika disertai dengan bentuk fisiknya yang lunak ketika dipegang, layu, berkeriput dan terlalu berarir. Karena, sayur tersebut sedang mengalami proses pembusukkan.

Sementara, memilih buah-buahan dengan kualitas yang baik sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan tips memilih sayur yang baik, yaitu:

1.    Tingkat kematangan yang cukup
2.    Buah tampak segar
3.    Warna kulit buah segar
4.    Bentuk buah bagus
5.    Kulit buah bersih dan mulus
6.    Aroma buah harum
7.    Tidak ada bekas serangan hama dan penyakit, semacam ulat dan serangga pemakan buah-buahan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih buas dan sayur, agar mendapatkan buah dan sayur yang segar dan berkualitas.

Tags:
author

Author: