Tips Mengatur Keuangan Setelah Si Kecil Lahir

 gie

Pewartaekbis- Banyaknya biaya yang dialokasikan demi menunjang hidup setelah hadirnya sang buah hati terkadang membuat sebagian dari kita merasa pusing. Dikarenakan pos-pos pengeluaran semakin membengkak atau bahkan bertambah. Sementara, di sisi lain biaya hidup dari hari kehari semakin meningkat, bahkan terkadang melonjak terlalu tinggi. Padahal, pendapatan atau gaji belum tentu naik. Kalaupun naik, kenaikkan biasanya dilakukan setahun sekali dan diakhir tahun.

Orang tua baru seringkali emosional, terutama waktu punya anak pertama. Alasanya karena ini untuk anak, berapa pun biayanya dikeluarkan. Menghadapi tantangan emosional sepert ini, prioritas dan anggaran menjadi alat control. Dibawah ini ada beberapa tips sederhana yang bisa anda coba terapkan untuk membenahi keuangan yang mungkin kacau atau tumpang tindih.

1. Hitung pengeluaran dalam satu bulan

Catat semua pengeluaran dalam sebulan, makin detil makin baik, jangan ada yang terlewatkan. Cukup satu bulan mencatatnya, tetapi diusahakan selengkap mungkin. Supaya Anda dapat gambaran legkap dan jelas. Hasilnya, seluruh pengeluaran bulanan terurai gamblang sehingga Anda jadi tahu mana yang tidak penting tetapi menghabiskan banyak biaya, mana yang bisa dihemat dan lain – lain.

2. Berdasarkan catatan pengeluaran

Susun prioritas dan anggaran untuk mengatur masing – masing pengeluaran yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita. Tentukan mana yang hendak kita dahulukan, mana yang tidak terlalu penting.

3. Mengurangi pengeluaran Anda dan pasangan

Mulai dari yang paling konsumtif dan tidak penting. Gunakan catatan pengeluaran untuk melihat mana konsumsi yang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan.

4. Sediakan kebutuhan anak yang sesuai kemampuan

Ada banyak alternatif kualitas dan harga di pasar. Boleh dengan kualitas terbaik (harga mahal). Namun yang tidak penting sebaiknya pilih dengan harga lebih terjangkau.

Tags:
author

Author: