Tips Menghadapi Gejolak Ekonomi Bagi Keluarga Menengah

gigi

Pewartaekbis- Gejolak ekonomi yang ditandai dengan naiknya harga barang kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder, menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu. Untuk kelurag menengah kebawah tentunya kondisi ini akan lebih menyulitkan lagi, jika beberapa waktu lagi disusul dengan kenaikan tarif, jasa, dan bea lain-lainnya.

Mencari solusi atas kondisi saat ini, Anda dan keluarga dapat melalui dua cara, yaitu ekstensifikasi dan intensifikasi. Pertama, ekstensifikasi yaitu menambah sumber pemasukan keuangan bagi keluarga. Menciptakan lapangan usaha baru yang dapat menambah penghasilan keluarga.

Berikutnya, intensifikasi sumberdaya yang dimiliki. Dalam hal ini adalah melakukan penghematan, pemangkasan anggaran keluarga sampai kepada perawatan sumberdaya yang dimiliki keluarga. Hemat bukan berarti pelit, hemat dapat diartikan sikap dan tindakan menempatkan sesuatu berdasarkan kebutuhan dan keperluan, bukan berdasar keinginan. Dimana anggota keluarga dapat membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan keperluan urgen, dan mana kebutuhan yang hanya sekadar keinginan. Berikut ini beberapa tips berhemat yang dapat diterapkan di keluarga Anda:

1.Gunakan sesuatu di mana dan kapan perlu saja.
Menggunakan sesuatu di lingkungan keluarga perlu dipertimbangkan urgensinya.

2.Gunakan prinsip kesederhanaan.
Jika ada yang lebih sederhana kenapa mesti dicari yang lebih mewah dan merepotkan.  Sederhana itu sebaik-baik perkara atau persoalan.

3.Merawat segala peralatan dan perlengkapan.
Cara ini akan memperpanjang usia perlengkapan tersebut sehingga dapat menghemat pengeluaran keluarga.

 4.Biasakan menabung.
Menabung tak mesti dengan jumlah yang besar. Menabung artinya mengurangi sebagian kecil kebutuhan hari ini untuk digunakan di hari esok.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menghadapi gejolak pereknomian yang sekaligus mendidik bagi keluarga untuk belajar berhemat. Semoga menjadi bahan inspirasi buat kita semua.

Tags:
author

Author: