Tips Menjaga Kesehatan Saat Mudik Lebaran

jalan

Pewartaekbis- Mudik atau kembali ke kampung halaman saat lebaran tiba merupakan tradisi bangsa Indonesia. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan orangtua dan sanak saudara. Oleh karena itu, agar egiatan mudik ini dapat kita nikmati tanpa hambatan, alangkah pentingnya bagi kita untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai momen tahunan ini terganggu karena kesehatan yang tidak mendukung.

Oleh karena itu, bagi anda yang akan melakukan mudik lebaran sebaiknya melakukan persiapan yang benar-benar matang agar perjalanan terasa nyaman dan tentunya selamat sampai tujuan.

Pertama, persiapkan transportasi apa yang akan digunakan. Hindari menggunakan kendaraan roda dua jika memang barang dan jumlah pemudik lebih dari dua orang.

Kedua, persiapan fisik. Sebelum berangkat mudik, usahakan untuk tidur yang cukup sekitar 6 – 8 jam. Ini penting untuk menjaga stamina tubuh selama perjalanan.

Ketiga, jaga pola makan. Jika Anda berpuasa, konsumsi makanan yang bergizi, yang mengandung banyak karbohidrat dan protein sebagai sumber tenaga saat sahur. Bila perlu minum vitamin atau suplemen tubuh juga baik untuk menambah stamina dan membuat tubuh tetap fit selama perjalanan mudik.

Keempat, hindari membeli makanan di pinggir jalan, dan sebaiknya bawalah bekal makanan dan minuman untuk perjalanan Anda. Pilih jenis makanan yang bersih dan tahan lama. Sementara untuk minuman, bawalah minuman hangat dan manis.

Kelima, persiapkan obat – obatan yang dibutuhkan. Simpan dalam tas kecil agar mudah terlihat dan dijangkau ketika diperlukan sewaktu – waktu.

Keenam, sering-seringlah membersihkan tangan dengan mencuci tangan atau gel pembersih. Hal ini dikarenakan, tangan merupakan tempat menempelnya berbagai virus dan kuman, karena itu jauhkan jari – jari tangan Anda dari mata, mulut dan hidung.
Keenam, untuk menghindari terkontaminasi virus saat perjalanan mudik sebaiknya gunakan masker.

Inilah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit saat perjalanan mudik dan libur lebaran. Semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: