Tol Cikampek Macet Panjang Akibat Banjir, Jasa Marga Rencanakan Bangun Waduk 3 Hektar

macet

Jakarta – Jasa Marga akan memanggil pengembang kawasan industri di kanan dan kiri tol terkait banjir setinggi 40 cm yang menyebabkan kemacetan berkepanjangan di KM 34-37 Tol Cikampek pada Minggu (14/2/2016).

Dilansir dari Detik.com, Jasa Marga menyebut banjir pada Minggu (14/2/2016) akibat perubahan kawasan di Rawa Binong dan Setu Alamsari dari semula sawah, rawa dan lahan tidur, menjadi kawasan industri dan perumahan. Penyebab lainnya adalah pengalihan drainase di kanan kiri tol yang dialihkan ke jalan tol.

Direktur Operasi PT Jasa Marga Cristantio Prihambodo dalam jumpa pers di kantor PT Jasa Marga, Plaza Tol TMII, Jakarta Timur, Senin (15/2/2016) mengatakan, PT Jasa Marga Tbk tidak ingin banjir terulang lagi. Karenanya, Cristantio mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan waduk 3 hektare untuk menampung luapan air.

Saat ini, pihak jasa marga tengah berkoordinasi dengan pihak kawasan (industri) untuk pembangunan penampungan air (waduk) seluas 3 hektare tersebut.

“Pembangunan waduk ini, diharapkan dapat menangani genangan air di jalan tol. Untuk jangka pendek, kami akan meletakkan karung pasir di ruas jalan tol”, papar Cristantio.

Untuk penanggulangan jangka pendek ini, karung pasir akan diletakkan di KM 35-37. Tinggi karung pasir 70-80 cm, dengan target 2-3 hari selesai.

Tags:
author

Author: