Tuntut Kesejahteraan, Serikat Buruh Akan Demo Besar-Besaran di Jakarta

buruh

Jakarta~ Belum genap sebulan memimpin, Presiden Joko Widodo atau akrab dipanggil Presiden Jokowi akan dihadapkan demo akbar. Hal itu dikarenakan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) sudah merencanakan untuk menggelar aksi di beberapa lokasi, khususnya di ibu kota negara.

Berdasarkan sumber terpercaya, aksi tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2014 dan 10 November 2014. Seperti aksi lain yang sering dilakukan oleh serikat buruh, mereka mengharapkan kesejahteraan yang lebih baik di era kepemimpinan Jokowi-JK.

Mudhofir yang menjabat sebagai Presiden KSBI menyatakan jika aksi yang akan dilaksanakan tersebut dimaksudkan untuk menagih janji Presiden Jokowi saat kampanye, khususnya ihwal kesejahteraan buruh. Oleh karena itu, kawasan Istana Negara akan menjadi salah satu lokasi aksi mereka.

“Kami juga akan melakukan aksi di depan Istana, menagih janji Pak Jokowi atas komitmennya, 3 pilar kesejahteraan buruh (penghidupan layak, pekerjaan layak, dan upah layak),” demikian paparan Mudhofir seperti dirilis Kompas.

Selain kepada Presiden Jokowi, aksi besar- besaran tersebut ditujukan kepada  Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang saat ini menjadi Plt Gubernur Jakarta. Kepada sosok yang sering disebut Ahok ini, KSBSI meminta Pemprov DKI Jakarta bersedia memenuhi harapan buruh untuk menetapkan upah minimum sebesar Rp3.200.000 di tahun 2015.

Soal agenda aksi, KSBSI rencananya akan menggelar demo di depan Kantor Gubernur DKI, DPRD DKI, dan Disnakertrans pada tanggal 4 November 2014. Untuk tanggal 10 November, mereka akan melakukan aksi lanjutan di Kemenakertrans. Untuk itu, KSBSI akan melakukan koordinasi dengan elemen buruh lainnya.

Tags:
author

Author: