UIN Sunan Ampel Punya Guru Besar “Baru”

uin

Surabaya~ Rabu (11/3) UIN Sunan Ampel menobatkan Sekretaris PWNU Jatim Akh Muzakki sebagai guru besar di bidang sosiologi pendidikan. Ketika prosesi pengukuhan, beliau menyampaikan orasi orasi dengan mengambil tema “Instrumentasi Nilai dalam Pembelajaran Prespektif Sosiologi Pendidikan Karakter”.

“Karakter itu adalah hulu, bukan hilir, maka dari itu tugas pendidikan harus fokus pada huluisasi nilai karakter bukan hilirisasi,” demikian papar  Akh Muzakki, seperti diwartakan NU online.

Salah satu petinggi PWNU Jawa Timur ini menyatakan jika instrumentasi nilai merupakan tahapan dan langkah strategis dalam proses panjang agar nilai bisa segera dipahami, dicerna, dan dipraktikkan oleh peserta didik.  Alumnus Australian National University (ANU) tersebut juga mengemukakan jika nilai tersebut harus menggunakan media populer yang disebut “kode keluhuran”, misalnya menggunakan lagu-lagu yang sering dikumandangkan Habib Syekh.

“Misalnya, anak diajari nilai-nilai Aswaja melalui nyanyian, seperti selawatan ala Habib Syech yang menyebut Aswaja iku qunut subuh, Aswaja iku adzan loro, Aswaja itu tahlilan saban Jumat,” lanjut bapak dua anak ini.

Beberapa petinggi ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama, juga hadir dalam pengukuhan tersebut. Mereka antara lain Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim Prof H Ali Machsan Musa, Ketua PWNU Jatim KH M Hasan Mutawakkil Alallah beserta jajaran pengurus tanfidziyah PWNU Jatim. Selain itu, hadir juga  Sekjend Kementerian Agama RI Prof Dr Nur Syam, Konjen Amerika Serikat, dan Ketua DPRD Jatim H Abdul Halim Iskandar.

Tags:
author

Author: