UN 2015 Akan Menggunakan Soal Berbasis Komputer?

lab

Jakarta~ Berbagai pembaharuan terus dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di era Presiden Jokowi. Setelah melegalkan kembali penggunaan KTS atau Kurikulum 2006, Kemdikbud tengah menyiapkan soal berbasis komputer atau computer based test (CBT) untuk Ujian Nasional (UN)  tahun 2015. Hal itu diungkapkan langsung oleh  Nizam, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud.

Menurut Nizam, saat ini instansinya telah mendata 862 sekolah untuk mengikuti Ujian Nasional berbasis kompyer. Data tersebut telah disampaikan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) untuk diverifikasi lebih lanjut.

Mirip dengan tes CPNS berbasis CAT, pelaksanaan soal UN berbasis komputer secara teknis akan menggunakan server lokal yang disiapkan oleh dinas. Dengan demikian, soal dapat dikerjakan secara online  dengan tingkat kesulitan yang sama dengan soal Ujian Nasional konvensional (menggunakan kertas).

“Untuk tahun ini, model soal pilihan ganda dan waktu pengerjaan sama,” papar Nizamseperti diwartakan Beritasatu.

Masih menurut Nizam, UN berbasis komputer ini akan menjadi pilot project atau proyek jangka panjang untuk melihat kesepadanan antara ujian berbasis kertas dan komputer. Untuk tahun ini kemungkinan besar akan diberlakukan kepada siswa SMA dan SMK. Alasannya logis, secara umum mereka dianggap lebih memahami komputer.

Demi keamanan, nantinya butir soal dalam server lokal tidak dapat di-copy atau di-send ke jejaring sosial karena secara otomatis akan hilang.

“Tidak ada kecurangan dalam hal ini, karena semua akan berjalan secara sistematis,” ujar Nizam.

Tags:
author

Author: