US$ 250 Juta Dialokasikan Pertamina untuk Delapan Proyek Geothermal

Pembangkit Listrik Geothermal Sumber: energy today

Pembangkit Listrik Geothermal
Sumber: energy today

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), anak usaha PT Pertamina (Persero) mengalokasikan belanja modal tahun atau modal/capital expenditure (capex) sebesar US$ 250 juta dalam pengembangan delapan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang sedang digarap PGE. Proyek tersebut saat ini masih dalam  tahap pengembangan konstruksi, eksplorasi, dan kontrak pembangunan.

Proyek tersebut antara lain  adalah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu Lampung, Kamojang Unit V berkapasitas 35 Mega Watt (MW) yang akan beroperasi 2015 dan  Karaha akan beroperasi 2016. Lalu ada proyek Sibanyak dan Sinabung, Lumut Balai, Hulu Lais, Kotamobagu, dan Sungai Penuh.

“US$ 250 juta, untuk pengembangan proyek-proyek itu.  Ada eksplorasi, pengembangan,” kata Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energi, Rony Gunawan,seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (4/3).

Menurut Rony, realisasi capex sebesar US$ 150 juta pada 2012. Angka Capex anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut akan terus meningkat setiap tahun. Adapun belanja modal tersebut berasal dari dana internal perusahaan. Untuk membiayai belanja modal itu, perseroan juga mendapatkan dana tambangan dari induk usaha.

Tags: