Virus Zika Merebak, ini Pesan Menkes Nila

nyamukk

Jakarta –Setelah otoritas Singapura membeberkan jumlah orang yang terkena virus Zika di negaranya, kewaspadaan akan virus ini nampak langsung ditingkatkan. Di Kepulauan Riau, tiga rumah sakit sudah ditetapkan sebagai balai pengobatannya.

Selain itu, Menkes Nila Moeloek meminta masyarakat  untuk mewaspadai gejala Zika. Ia meminta korban untuk segera ke rumah sakit, kesehatan janin bisa terganggu jika yang terinveksi adalah ibu hamil.

“Gejalanya demam, ada ruam-ruam dan rasa nyeri dan sebagainya,” sebut Nila di Kemenko PMK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta (2/9).

Masyarakat diimbaunya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dengan demikian, ruang gerak dan berkembang biak nyamuk aedes aegypti akan lebih terbatas.

“Tolong jaga lingkungan. Memang betul kalau bisa terhindar dari gigitan nyamuk walau saya tahu itu tidak mudah. Tapi harus kita lakukan,” imbuhnya.

Seperti diwartakan detik.com, Nila memaparkan kembali jika wabah infeksi virus zika dibawa oleh nyamuk.

“Pertama kita sudah tahu di Singapura dan Malaysia men-declare satu kasus. Kita harus memprotect agar tidak terjadi di negara kita. Kita sadari negara kita begitu luasnya. Tetapi kami dari kantor kesehatan pelabuhan sudah melakukan proteksi dengan meminta memeriksa orang-orang yang demam. Agak sulitnya yaitu ada juga gejalanya yang tanpa demam. Kita mengeluarkan kartu kewaspadaan alert card. Kita meminta untuk jika terjadi sesuatu. Ada yang dilakukan pemeriksaan darah bila terjadi demam,” tandasnya.

Tags:
author

Author: