Visa Belum Turun, Puluhan Calon Jamaah Haji ‘Gagal’ Berangkat

jamaah haji balita

Boyolali~ Ada 68 Jamaah calon haji (calhaj) yang hari ini (21/8) gagal berangkat dari Embarkasi Solo. Mereka berasal dari Kloter 1, 2, dan 3 Solo. Penyebabnya adalah kegagalan sistem dalam pengurusan visa oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) di Arab Saudi sehingga hingga hari ini ribuan visa calhaj belum jadi.
Disebutkan Ketua PPIH Embarkas Donohudan, Solo, Ahmadi, ada masalah yang menyebabkan 51 calon haji belum mendapatkan visa.

“Ada tiga kloter yang berangkat dari Embarkasi Solo pada hari ini. Karena ada problem sistem sehingga visa untuk 51 calhaj ketiga kloter belum jadi. Akhirnya dilakukan pembongkaran. 51 orang tersebut ditambah pasangan atau pendamping yang kemudian ditunda keberangkatannya. Totalnya mencapai 68 orang,” sebut Ahmadi kepada wartawan.

Menurut penjelasan Ahmadi, keterlambatan pengurusan visa haji disebabkan karena hari Senin KBRI‎ Arab Saudi libur akibat adanya peringatan kemerdekaan. Sementara itu, pada hari Selasa terjadi kegagalan sistem di kedutaan tersebut. Hal itu menyebabkan 17 ribu visa calhaj yang tertunda pengurusannya. Dari jumlah tersebut, 772 visa di antaranya merupakan visa calhaj Embarkasi Solo

Ia berharap, maml nanti visa sudah dapat diberikan sehingga esok jamaah bisa diberangkatkan ke tanah suci.

“Diharapkan 68 calhaj itu sudah menerima visa paling lambat malam nanti sehingga besok bisa diberangkatkan ikut kloter keempat dan seterusnya. Nanti sesampai di Madinah, calhaj yag ditukar keberangkatannya ini akan diatur secara khusus oleh panitia sehingga mereka tetap bisa berada di Madinah selama delapan hari penuh untuk menjalankan sunah arbain di Masjid Nabawi,” lanjut Ahmadi.

 

Sumber: detik.com

Tags:
author

Author: