Wah! Antrian Haji Indonesia Terlama 42 Tahun, Malaysia 93 Tahun

haji

Malaysia~ Forum Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) membahas berbagai persoalan, salah satunya terkait kuota jamaah haji. Dijelaskan oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, antrian haji di Indonesia paling lama 42 tahun.

Ternyata Malaysia lebih panjang dari Indonesia. Pasalya, antrian terlama jamaah haji di negeri Jiran sudah mencapai 93 tahun. Hal itu dikemukakan oleh Menteri di Jabatan Perdana Menteri Malaysia Mejar Jeneral Dato Seri Jamil Khir bin Haji Baharom.

Diwartakan laman resmi Kemenag, antrian akan semakin panjang seiring dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi untuk memotong kuota haji Negara pengirim jemaah sebesar 20%. Oleh karenanya, Menag Lukman Hakim mengusulkan agar masing-masing anggota MABIMS berkirim surat ke Arab Saudi guna meminta agar kuota haji tahun depan kembali normal, tidak dipotong 20%.

“Indonesia sudah bersurat. Jika lainnya bersurat, akan semakin baik,” sebut Menag pada sidang MABIMS ke-17 tahun 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia (06/12).

Menag juga mengusulkan agar MABIMS meminta ArabSaudi membatalkan putusan visa berbayar bagi jemaah umrah.

“Kami sudah memohon kepada Saudi, khusus untuk umrah agar dikecualikan. Apakah ini juga bisa diusulkan bersama?” lanjutnya.

Tags:
author

Author: