Wah! Malaysia Deportasi ‘Lagi’ TKI Ilegal

malaysia

Nunukan~ Ternyata, masih banyak tenaga kerja Indonesia yang bekerja di negeri jiran secara illegal. Tadi malam (1/4) Pemerintah Malaysia bahkan mendeportasi 122 tenaga kerja Indonesia lewat Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan.

Tindakan tegas Malaysia ini membuat tempat penampungan sementara yang dimiliki BP3KI Nunukan over load. Sebagian tenaga kerja yang dideportasi bahkan harus ditampung di aula kantor BP3TKI untuk menampung mereka.

“Terpaksa kita gunakan aula untuk menampung mereka. Seminggu ini dua kali pemulangan sehingga penampungan sementara tidak muat,” sebut Bagian Pemberdayaan dan Perlindungan BP3TKI Nunukan, Sigit Triwibawanto.

Setelah ditampung oleh BP3TKI Nunukan, 122 tenaga kerja dimaksud akan ditatar dengan pembinaan wawasan kebangsaan dan pelatihan kerja dalam program Layanan Terpadu Sentra Poros Perbatasan.

Sebagaimana diwartakan Kompas, hingga awal bulan April 2016 Malaysia sudah mendeportasi 1.328 TKI ilegal melalui pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan. Pihak BP3TKI Nunukan menduga, ada 60 persen buruh migran yang masuk Malaysia secara ilegal melalui jalur tikus.

Tags:
author

Author: