Wah! Masih Ada 2.519 Desa Belum Teraliri Listrik

pln

Ambon~ Ketersediaan listrik masih menjadi persoalan serius di banyak daerah di negeri ini. Catatan Kementerian Sumber Daya Energi dan Mineral, ada 2.519 desa di Indonesia yang belum bisa menikmati aliran listrik.

“Di Indonesia masih ada 2.519 desa yang sama sekali belum teraliri listrik,” sebut Menteri Sumber Daya Energi dan Mineral sudirman Said dalams ebuah acara di Ambon (4/2).

Tidak hanya itu, masih ada 12.669 desa yang belum teraliri listrik selama 24 jam. Sebagian besar dari jumlah tersebuut ada di Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT dan NTB. Oleh karenanya, Sudirman Said menyebutkan jika Kementerian ESDM sekarang masih fokus pada penyelesaian masalah akses listrik melalui program Indonesia terang.

“Program Indonesia terang adalah program melistriki desa-desa di Indonesia yang selama ini masih belum mendapat penerangan listrik dengan baik,” imbuhnya.

Pembangunan listrik di enam provinsi dimaksud akan didorong kepada pemanfaatan cahaya matahari dan sumber energi terbarukan lainnya.

“Seperti pemanfaatan cahaya matahari, angin, hidro, bionet dan sebagianya itu yang sedang disiapkan,” tandasnya seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: