Wah! Virus Zika Bisa Menyebabkan Kelumpuhan

dokter

Pewartaekbis~ Virus Zika terus mendapat perhatian ahli kesehatan di berbagai penjuru dunia. Betapa tidak, virus ini sudah dideklarasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada awal Februari sebagai wabah berbahaya karena adanya kelahiran bayi dengan kepala kecil (microcephaly) di Amerika Tengah dan Selatan.

Selain itu, penelitian terkini membuktikan jika virus bisa menyebabkan gangguan sistem saraf dan kelumpuhan.Pemimpin tim peneliti dari Institut Pasteur di Paris, Profesor Arnaud Fontanet, mengatakan jika riset ini dibuktikan dengan penelitian dari sampel darah 42 pasien yang positif terjangkit virus Zika.

“Pasien cenderung memburuk lebih cepat dari biasanya selama fase akut dari penyakit,” sebutnya seperti dikutip dari BBC (1/3).

Penelitian juga menunjukkan jika ada ada masalah neurologis sekitar enam hari setelah positif terdiagnosa virus ini.

“Temuan tim menunjukkan ada masalah neurologis sekitar enam hari setelah positif terdiagnosa virus Zika,” imbuhnya.

Ia menjelaskan jika Sindrom Guillain-Barre atau gangguan sistem saraf bermula dari melemahnya otot. Dalam beberapa kasus, sindrom ini menyerang pernapasan dan membutuhkan pelayanan intensif.

“Ini adalah respon langka terhadap infeksi ini, melihat sistem imun yang menyerang saraf periferal,” jelasnya kemudians eperti diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: