Warga Varanasi India Banyak yang Menggemari Teh yang Diolah Dengan Kotoran Sapi

teh

India – Teh memang digemari banyak bangsa dan kalangan. Mulai dari teh herbal, bunga dan daun. Di India, teh disebut minuman chai yang artinya teh. Minuman chai yang banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima. Budaya minum teh di India tidak terlepas dari peran serta penjajah Inggris dulu.

Secara bahan, chai biasanya dibuat dengan mencampurkan teh, susu, serta daun-daunan herbal yang dipercaya baik untuk kesehatan.

Tapi, ada yang berbeda di Varanasi, India. Varanasi yang merupakan kota tersuci ke-tiga di India memiliki cara yang berbeda dalam mengolah chai. Di kota ini, ada teh yang dibuat dengan kotoran sapi.

Dilansir dari Detik.com, dalam proses pengolahannya, pertama-tama para pedagang chai akan memerah susu dari sapi yang dianggap keramat oleh umat Hindu.

Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, biasanya para pedagang mengambil kotoran sapi yang telah kering dan menjadikannya sebagai bahan untuk membakar arang di atas tungku.

Tungku tersebut kemudian, digunakan untuk memanaskan susu sebelum diberi daun herbal dan dicampur dengan sedikit daun teh. Setelah dicampur, segala daun herbal akan dipisahkan dan hanya menyisakan susu berwarna kecoklatan. Setelah itu chai dikocok dan siap dihidangkan.

Dalam penyajiannya, Chai tradisional Varanasi biasanya dihidangkan pada gelas kecil yang terbuat dari tanah liat. Meski dalam prosesnya melibatkan kotoran sapi, namun hampir semua orang India menikmati chai dalam setiap kesempatan.

Tags:
author

Author: