Warning! Ada 50 Biro Umroh Ilegal dari Jambi

 

haji

Jambi~ Anda yang akan mendaftarkan diri sebagai jamaah umroh sebaiknya waspada dalam memilih biro. Di Provinsi Jambi sudah ada 50 biro perjalanan umroh yang dinyatakan illegal oleh Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi. Sebagian besar dari biro tak berizin tersebut berkantor di Kota Jambi.

“Kita sudah berkoordinasi bersama kepolisian, dalam waktu dekat akan ditertibkan,” jelas Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Herman (11/6).

Walaupun berpusat di Jambi, bisnis biro tersebut dilaporkan sudah merambah ke seluruh wilayah provinsi. Dengan kondisi ini, ia meminta agar masyarakat teliti dalam memilih biro perjalanan saat ingin menunaikan umrah ke Mekah dan Madinah.

Herman menerangkan jika mereka beroperasi antara lain dengan tawaran paket umroh dengan harga supermurah, sekitar Rp 10-12 juta per orang. Padahal, biaya umrah selama 12 hari rata-rata membutuhkan biaya Rp 29 juta per orang.

“Jadi, masyarakat jangan mudah tergiur dengan ongkos umrah yang murah,” imbaunya.

Untuk diketahui, biro umroh abal-abal tersebut sudah memakan korban. Kasus penelantaran 90 orang jemaah umrah asal Kabupaten Merangin, Jambi, merupakan contohnya. Kasus tersebut menyebabkan Kemenag Provinsi Jambi harus turun tangan dan menjemput mereka.

“Sebagai antisipasi tindakan penipuan, masyarakat disarankan memastikan travel umrah di Kemenag, untuk melihat rekam jejak travel yang akan dipilih,” imbuhnya

Tags:
author

Author: