Waspada! Viruz Zika Semakin Menyebar

dokter

Amerika – Serangan wabah virus Zika yang telah menyebar di Amerika, Brazil dan meksiko diduga akan tersebar. Virus yang diduga memicu kerusakan otak dan cacat fisik pada bayi ini mulai menjadi peringatan umum.

Dilansir dari Merdeka.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengingatkan otoritas medis setiap negara mengawasi kemungkinan penyebaran virus zika.

Pada Selasa (26/1), WHO menyatakan, warga asing bepergian ke negara-negara telah terpapar virus Zika sebaiknya melakukan konsultasi kesehatan. Sebab, virus Zika kini telah menular ke lebih dari satu juta orang.

Kasus virus Zika awalnya muncul di 20 wilayah Amerika Latin dan Kepulauan Samudera Pasifik, seperti Kolombia, El Salvador, Haiti, Honduras, Meksiko, Venezuela, dan Puerto Rico.

Zika adalah virus yang memiliki kemiripan dengan demam berdarah. Pasalnya, penyebaran virus Zika ini juga disebarkan nyamuk aedes aegypti. Hanya saja, pada kasus virus Zika dampak virus ini lebih berbahaya bagi ibu hamil dan anak yang dikandungnya. Efeknya adalah bayinya akan lahir dengan kepala kecil (microcephaly).

Namun, jika menyerang orang dewasa gejala yang muncul terkadang hanya bentol kecil di sekujur tubuh tanpa sakit berlebihan dan tidak berujung kematian.

Pemerintah Brasil mencatat, laporan kelahiran bayi dengan kerusakan otak dan kepala kecil melonjak hingga 3.500 kasus sepanjang 2015.

Saat ini, Otoritas Kesehatan Amerika Serikat mendesak warganya, khususnya bagi ibu hamil, untuk segera memeriksakan diri.

Rate this article!
Tags:
author

Author: