Waspadai, 3 Jenis Makanan Ini Berpeluang Besar Mengandung Formalin

 for

Jakarta- Baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mendapati pabrik kikil berformalin di Jakarta Barat. Kepala BPOM, Roy Sparringa di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional BPOM di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Senin (16/3/2015), jika sebelumnya sering ditemukan kasus yang serupa di pedagang retail. Kini, saatnya untuk berubah memfokuskan kepada industri yang memproduksinya.

Roy mengatakan untuk menanganani kasus ini tidak cukup regulasi saja tanpa didukung pembinaan dan pengawasan yang melibatkan masing-masing pemerintah daerah. Oleh karena itu, Ia berharap kerja sama lintas sektor diperkuat. Selain itu, Roy juga mengatakan, dengan banyaknya bahan berbahaya dalam campuran makanan keseharian, maka diedukasi untuk sadar akan hak-haknya sebagai konsumen akan terus diberikan kepada masyarakat.

Penyalahgunaan bahan kimia berbahaya seperti formalin yang merupakan bahan pengawet mayat kerap digunakan untuk membuat beberapa produk makanan agar tampak lebih menarik dan awet. Berdasarkan temuan BPOM, penyalahgunaan formalin 50 persen digunakan untuk mi, tahu, dan produk perikanan. Roy mengungkapkan, produk perikanan pangan olahan ikan seperti pempek sering ditemui mengandung formalin. Hal ini dikarenakan bahan bakunya, bahan laut seperti ikan itu terkadang sudah ada yang mengandung formalin.

Untuk mengatasi peredaran produk pangan bercampur formalin, Roy mengatakan, bahwa pihaknya akan lebih efektif jika diselesaikan di hulu. Sebab, jika di hilir dalam artian ketika produk sudah tersebar di masyarakat, akan lebih sulit.

Tags:
author

Author: