Waspadai Gejala Muntaber Pada Anak

muntaber

Pewartaekbis- Muntaber merupakan suatu keadaan dimana seseorang menderita muntah-muntah yang disertai BAB berkali-kali. Penyebab utama penyakit ini adalah peradangan usus oleh bakteri, virus, parasit (seperti: jamur, cacing, protozoa), melalui keracunan makanan atau minuman yang disebabkan bakteri atau bahan kimia serta kurang gizi (seperti: kelaparan atau kurang protein).

Selain itu, penyakit muntaber bisa juga disebabkan oleh bakteri e-coli (Escherichia Coli), yang menyebar akibat lingkungan yang kurang bersih. Dimana akibat lingkungan yang kurang bersih dan sanitasi yang tidak baik ini, mengakibatkan makanan yang dikonsumsi terkontaminasi bakteri. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri, merangsang asam lambung  yang mengakibatkan diare.

Oleh karena itu, muntaber lebih banyak menyerang anak-anak. Sebab, anak-anak belum bisa menjaga dan memperhatikan cara makan dan minumnya. Anak yang mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi akan menunjukkan gejala sebagai berikut:

1.    Mengalami sakit perut yang terasa perih
2.    Nyeri perut, mual-mual, dan muntah
3.    Nyeri perut di bagian bawah disertai kekejangan otot
4.    Suhu badan naik sangat cepat
5.    Berkurangnya nafsu makan
6.    Mengalami dehidrasi setelah beberapa hari mengalami muntah berak

Segera bawa kedokter untuk mendapat penanganan sebelum tubuhnya mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kehilangan banyak cairan tubuh sangat membahayakan kehidupan, karena semua reaksi kehidupan dalam tubuh memerlukan cairan. Jika cairan tubuh berkurang, maka reaksi kehidupan dalam tubuh juga berkurang.

Inilah yang menyebabkan kasus muntaber banyak menelan korban jiwa, akibat tidak mendapat pertolongan segera. Dalam kasus ini, bayi dan balita adalah penderita dengan risiko tertinggi. Karenanya, jagalah selalu kebersihan dan pola makan seluruh kelurga terutama bagi yang memiliki balita.

Rate this article!
Tags:
author

Author: