Waspadai Gejala Polio Pada Anak Sejak Dini

gigi

Pewartaekbis- Polio menurut Dr Eni Setiati, Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus polio menyerang sel-sel otak dan merusak saraf pusat. Sehingga, mengakibatkan kelumpuhan mendadak akibat mengecilnya otot anggota gerak.

Penularan penyakit ini melalui lingkungan yang tercemar oleh tinja penderita dan menyebar melalui udara atau hewan yang hinggap pada makanan yang dikonsumsi. Penularan penyakit ini bisa menyerang siapa saja dari rentang usia 0-25 tahun. Namun, kasus terbanyak polio menyerang anak-anak dibawah usia 4 tahun.

Anak- ank yang terinfeksi penyakit polio akan menunjukkan tanda-tanda berikut:
1.    Anak merasakan nyeri pada otot, kaki dan tangan
2.    Anak merasa mual dan muntah
3.    Tidak punya selera makan
4.    Anak mengalami keluhan sakit kepala
5.    Mengalami nyeri tenggorokan dan perut
6.    Mengalami demam selama 2-5 hari
7.    Mengalami kelumpuhan mendadak pada anggota gerak badan

Untuk penanganannya, jika anak mengalami tanda-tanda kelumpuhan mendadak, segera konsultasikan dengan dokter. Untuk pencegahannya, memberikan imunisasi pada anak sejak usia bayi secara rutin di usia 3,4,5 bulan dan di satu tahun berikutnya. Sementara untuk daerah rawan infeksi virus polio, imunisasi dini akan diberikan pada bayi di usia 6 minggu. Pemberian imunisasi sejak dini ini dapat memberikan kekebalan tubuh pada anak hingga usia 8 tahun. Oleh karena itu, imunisasi ulangan  dapat diberikan lagi pada saat usia pra sekolah (5-6 tahun) dan usia 12 tahun.

Terdapat dua jenis vaksin, di Indonesia yang umum diberikan adalah vaksin Sabin (kuman yang dilemahkan), dan cara pemberiannya melalui mulut. Sementara di beberapa negara lain dikenal juga vaksin Tetravaccine (kombinasi DPT dan Polio), yang diberikan sejak bayi baru lahir sebagai imunisasi dasar. Selanjutnya, diberikan setiap 4-6 minggu, pemberian vaksin Polio dapat dilakukan bersamaan dengan BCG, vaksin Hepaitis B, dan DPT.

Namun, yang perlu diingat  imunisasi ini jangan diberikan pada anak yang sedang mengalami diare berat. Sebab, akan mengakibatkan efek samping seperti kejang-kejang. Pemberian imunisasi secara rutin dan dan tepat waktu sangat penting bagi bayi. Jadi, bisa dikatakan imunisasi merupakan salah satu tanggung jawab orang tua untuk menjaga kesehatan sang buah hati.

Tags:
author

Author: