Wow, Dengan Ini Facebook Ingin Saingi Google Glass?

kaca mata virtual Facebook

Sebagai perusahaan raksasa, Facebook Inc. terus berekspansi dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan kecil. Kali ini perusahaan yang diotaki oleh Mark Zuckerberg itu berencana mengakuisisi produsen kacamata vitual Oculus VR Inc seharga US$ 2 miliar.

“Kacamata Oculus berbeda dari apa yang pernah saya alami sepanjang hidup. Jaringan sosial terbesar di dunia itu dianggap terlambat menyadari pergeseran ke arah alat bergerak dan penghasilan perusahaan baru-baru ini saja mulai pulih dari awal yang terlambat,” kata dia seperti dilansir voanews.com, Rabu (26/3)

Bagi yang belum familiar dengan Oculus, Washington Post membantu menjelaskannya. Oculus VR adalah perusahaan pencipta teknologi Oculus Rift, sebuah alat berupa headset yang bisa membuat sensasi sebuah video games menjadi pengalaman 3 Dimensi. ”Ini adalah awalan,” kata Zuckerberg di laman Facebook.

Ia juga mengatakan bahwa dalam 10 hingga 15 tahun ke depan perkembangan teknologi komputasi semakin pesat. Ini termasuk, kacamata virtual.

Mark  terlihat sangat antusias menjelaskan Oculus akan membuat komputer menjadi sangat berkesan. Zuckerberg tak hanya melihat perangkat itu sebagai alat untuk games semata. Platform itu dilihatnya untuk menyajikan lebih banyak pengalaman.

”Bayangkan kalian menikmati duduk berperan dalam sebuah games, belajar di dalam ruang kelas yang isinya murid dan guru dari seluruh dunia, bahkan konsultasi dengan dokter hanya dengan menggunakan kacamata headset di rumah!” katanya.

Soal akuisisi itu, para pengamat mengatakan Facebook terhitung terlambat soal pengembangan teknologi ini., Google Inc misalnya telah menguji coba Google Glass, layar elektronik sebesar perangko yang menempel di gagang kacamata, selama beberapa tahun.

Tags: