Wow, India Bangun Kota Pintar Pertama Di Dunia

india

Jakarta – Berdasarkan prakiraan para ahli, populasi masyarakat urban di India akan mengalami lonjakan pada tahun 2050. Lonjakan populasi India diperkirakan lebih dari 400 juta orang dan menjadi 814 juta. Oleh karena itu, pembangunan perkotaan menjadi tuntutan yang mendesak bagi negara itu.

Rencana pembangunan tersebut meliputi terwujudnya sebuah kota metropolitan, yang dilengkapi dengan menara-menara pencakar langit. Kota metropolitan ini juga akan memiliki jaringan pipa air minum, pengumpul sampah otomatis, dan juga jaringan internet yang berkecepatan tinggi.

Hal ini sebagaimana yang dijanjikan perdana menteri Narendra Modi sebelum pemilihan dirinya sebagai pemimpin negara. Narendra berjanji akan membangun 100 kota pintar hingga 2022. Adapun bagian dari ambisi Narendra adalah menarik banyak investasi. Sebab, banyakanya investasi yang masuk akan membuka banyak lapangan kerja, yang secara tidak langsung akan mengurangi permasalahan masa kini, yakni pengurangan jumlah pengangguran. Tak hanya itu, banyaknya investasi juga akan turut mewujudkan kemajuan India kedepannya.

Narendra tidak sekadar memberikan janji, buktinya saat ini India memperlihatkan keseriusan untuk mengakomodasi populasi urban, dengan pembangunan kota pada tepi Sungai Sabarmati di barat India. Pembangunan “kota pintar” ini juga secara tidak langsung menarik serta masuknya investasi. Dalam pembangunan “kota pintar” perdana ini menurut para konsultan KPMG, pembangunan akan dimulai dengan pembangunan infrastruktur bawah tanah, serta dua blok perkantoran. Terkait pendanaan dalam pembangunan kota pintar perdana ini menghabiskan biaya total sekitar US$1 triliun atau Rp13.000 triliun,

Kota yang akan dinamakan GIFT (Gujarat International Finance Tech-City) itu, akan dijadikan model bagi masa depan India. Kedepannya, GIFT akan dijadikan sebagai pusat keuangan, untuk menyaingi pusat keuangan dunia, seperti yang telah ada saat ini seperti Dubai dan Singapura.

Tags:
author

Author: