Wow! Ini Tiga Ilmuwan Indonesia yang Mendunia

ilmuwan

Pewartaekbis~ Meskipun sistem pendidikan Indonesia masih kalah dengan banyak negara lain, namun negeri ini memiliki banyak ilmuwan luar biasa. Bahkan, banyak ilmuwan negeri ini yang namanya telah ‘go internasional’ karena menghasilkan karya yang dibutuhkan masyarakat dunia. Berikut tiga di antaranya.

Dr. Mulyoto Pangestu
Dr. Mulyoto Pangestu lahir di Purwokerto, 11 November 1963. Setelah menyelesaikan studinya di Universitas Jenderal Soedirman, ia melanjutkan pendidikannya di School of Agricultural & Forestry di University of Melbourne. Merasa masih ‘lapar’ ilmu, beliau pun melanjutkan studi di Monash University dan meraih gelar doktor.
Nama sosok yang juga mengajar di beberapa universitas ternama ini mendunia berkat temuannya soal teknik pengeringan sperma atau evaporative drying. Bagi dunia kedokteran, temuan tersebut sangat berguna. Betapa tidak, Mulyoto menemukan cara untuk mengeringkan dan menyimpan sperma dalam suhu ruangan karena menggunakan gas nitrogen.

Dr. Eng. Khoirul Anwar
Nama Dr. Eng. Khoirul Anwar dikenal publik karena memiliki paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).  Ilmuwan hebat yang satu ini menemukan teknik transmisi wireless dengan dua buah fast Fourirer transform (FFT), yaitu FFT kecil dan FFT besar (dua pada transmitter dan dua pada receiver). Nah, teknologi ini, beserta modifikasinya untuk multiple access, dijadikan basis dari uplink 4G LTE yang disebut dengan single carrier frequency division multiple access (SC-FDMA).

Prof. Dr. Rahmiana Zein
Kromatografi adalah teknik pemisahan senyawa kimia memanfaatkan interaksi antara pelarut, sampel yang akan dipisahkan, fase diam (stationary phase), dan fase bergerak (mobile phase). Nah, Prof. Dr. Rahmiana Zein adalah penemu teknik kromatografi tercepat di dunia. Hebat bukan?

Tags:
author

Author: